Kamis, 11 September 2008

KERAMIK



Produk keramik merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional yang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Pada awalnya jenis kerajinan tradisional ini diproduksi secara sederhana untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti: anglo, kendi, kuali, belanga, dan sebagainya. Pada perkembangan selanjutnya produk keramik Jawa Tengah tumbuh menjadi produk fungsional, khususnya sejak unsur seni menjadi bagian dari proses produksinya, sehingga muncul produk seperti souvenir, hiasan, dan benda-benda koleksi lainnya yang menjadi unsur pendukung dekorasi baik rumah tinggal, kantor maupun gedung.

Proses pembuatan keramik dapat dilakukan secara manual, sistem pengecoran maupun gabungan antara keduanya. Setelah dibentuk dan diproses cetak, keramik mentah kemudian dihiasi dengan aneka warna yang dikehendaki dan dilanjutkan dengan proses pengglasiran sesuai bentuk yang diinginkan. Tiap sentra produksi menghasilkan produk keranik dengan ciri khas tersendiri, baik yang bermotif tradisional atau antik maupun yang bermotif kontemporer. Sehingga produk keramik Jawa Tengah dikenal sangat beragam baik ukuran maupun jenisnya seperti guci, vas bunga, mangkok dan piring hias, aneka patung, meja kursi, asbak, tempat sayur dan sebagainya.

Sentra produk keramik Jawa Tengah tersebar di Kota Semarang, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Jepara. Melihat potensi bahan baku yang melimpah di Jawa Tengah maka industri kerajinan keramik masih terbuka luas untuk dikerjasamakan baik dengan investor dalam negeri maupun luar negeri. Disamping bahan baku yang melimpah, tenaga kerja atau pengrajin keramik Jawa Tengah tersedia baik di kota-kota besar maupun di pedesaan.

Pemasaran produk-produk keramik Jawa Tengah selain dikirimkan ke berbagai kota besar di Indonesia juga sudah mulai merambah ke berbagai pasar di luar negeri. Perluasan pasar ke luar negeri masih sangat potensial untuk dikembangkan karena selain dikenal murah, produk keamik Jawa Tengah amat bervariasi dan motifnya dapat dipesan sesuai dengan permintaan pasar atau pembeli di negara tujuan.

Tidak ada komentar: